Minggu, 23 Maret 2014

Latihan hadapi Kejurda Panjat Tebing Pelajar 2014


Agus Winarto pada sessi latihan
Untuk kali pertama Pengprov FPTI Jawa Tengah akan mengadakan Kejuaraan Daerah Panjat Tebing Tingkat Pelajar tahun 2014. Agenda eventnya akan dilaksanakan antara tanggal 24 – 26 Maret 2014 di Wall Climbing FPTI Jawa Tengah Kompleks GOR Jati Diri Semarang. Pada event ini bakal diramaikan atlet atlet panjat tebing yang berasal dari 28 Pengkab/ kota FPTI se-Jawa Tengah.

Beberapa persiapan menjelang event ini tentu saja sudah dipersiapkan masing masing Pengkab/kota  termasuk Pengkab FPTI Rembang, yang jauh hari juga sudah melakukan persiapan seperlunya. Khusus untuk Kab. Rembang yang  belum familiar dengan cabang olah raga satu ini mungkin melakukan dengan cara yang berbeda. Selain cabang olah raga ini belum membumi di lingkungan sekolah, sehingga hampir dipastikan tidak atau kurang minat terhadap olah raga yang berbau andrenalin ini.
Dalam hal ini, Ma’ruf yang sehari hari sebagai Pelatih Pengkab FPTI Rembang memandang event ini sangat positif sebagai langkah awal menyiapkan atlet muda berbakat untuk waktu mendatang. Seperti komentarnya yang  menegaskan bahwa partisipasi Pengkab FPTI Rembang pada Kejurda Panjat Tebing Pelajar sangat penting dan wajib mengikutinya. Ditandaskan bahwa membangun prestasi olah raga idealnya dimulai dari usia dini, sehingga bisa dipantau bakat anak dan peluang mengembangkan bakat tersebut sehingga mampu berprestasi dari waktu ke waktu.
Pada kesempatan lain, Dwi Martopo atau yang biasa disapa Mbahe, yang saat ini Ketua Pengkab FPTI Rembang juga membenarkan bahwa membangun iklim berprestasi pada Cabang Olah raga Panjat Tebing relative sulit. Iklim pembinaan olah raga panjat tebing di Rembang khususnya untuk kalangan pelajar terkendala oleh minimnya sarana dan prasarana di lingkungan sekolah. Minat pelajar terhadap panjat tebing terbatas pada beberapa siswa saja yang berinisiatif ikut dan bergabung latihan dengan atlet Pengkab FPTI Rembang. Menyikapi hal ini menjadikan Rembang tetap akan all out pada Kejurda panjat tebing pelajar meski belum berani membuat target perolehaan medalinya. Menurut rencana dari Pengkab FPTI Rembang akan mengirimkan 4 atlet dengan kategori berbeda. Agus Winarto untuk ketegori SLTA akan terjun pada nomor Lead, Bagas Rakasiwi yang mewakili SLTP akan turun di nomor Lead, dan Ali Mahfud wakil SD akan diterjunkan di Lead serta Johan Yulianto dari kategori SD untuk nomor Speed. Untuk menunjang keberhasilan deleasi dari Rembang itu akan dikendalikan Abdul Mufid sebagai Manajer Tim dan Eka Sriwidodo sebagai official tim.
Bagas Rakasiwi pada sessi latihan
Sebagai pengalaman saja, pengkab FPTI Rembang pernah mengirimkan atletnya pada Kejurda yunior tahun 2011 dengan low target yang didukung atlet pemula justru bisa membawa pulang 1 medali perak dan 1 medali perunggu atas nama Ahmad Labib untuk nomor spider kid Lead dan Speed. Hal ini semakin menguatkan harapan bahwa pada lomba panjat tebing pelajar  pada klasifikasi nomor lomba untuk SD dipandang akan muncul kejutan kejutan. Pada nomor lomba SD nanti bisa dipastikan longgar dengan kompetitif mengingat pada usia itu anak/ pemanjat hanya mengandalkan naluri memanjat ketimbang teknik memanjat.