Sabtu, 15 Maret 2014

Seri Game : Sebut Nama


Seri game ini boleh jadi bisa dirangkai dengan game “Tepuk Tangan” sebagai game pencairan suasana/ ice breaking. Cara memainkannya masih dalam dominasi instruktur outbound sebagai kendali kegiatan.
Cara permainannya :

  1. Untuk langkah awal instruktur memerintahkan peserta membuat lingkaran besar, sementara instruktur berada di dalamnya. Sebagai pemandu dan kendali kegiatan, maka instruktur bisa langsung mengintruksikan materi permainan. Sebagai basa basi silahkan mulai menyebutkan kata-kata tertentu, kemudian mintakan respon dari peserta dalam bentuk kata kata tertentu pula. Misalnya , ketika instruktur menyebut kata kunci “HUTAN” maka peserta bisa merespon dengan nama binatang tertentu, sebagai contoh “ Beruang” atau nama binatang yang lain yang biasa tinggal di hutan. Kalau instuktur menyebut kata kunci “ TAMAN” maka peserta bisa menjawab nama tanaman hias tertentu misalnya “ Anggrek” atau tanaman hias yang lain. Beberapa kata kunci bisa saja divariasi sedemikian rupa dipilihkan kata kunci yang lain dengan prinsip bisa makin menghidupkan suasana.
  2. Pada saat instruktur memulai melempar kata kunci bisa dimodifikasi, semisal apabila kata kunci dilempar begitu saja, tentu akan dijawab peserta dengan jawaban yang variatif. Supaya makin seru instruktur bisa menunjuk salah satu peserta dengan kata kunci tertentu. Ulang perintah  itu kepada peserta yang lain sehingga makin seru permainan ini karena umumnya peserta akan harap harap cemas kalau kena tunjuk dari instruktur. Apabila ditemukan peserta tidak bisa menjawab kata kunci, atau jawaban tidak relevan dengan kata kunci, maka peserta bisa saja diberikan hukuman untuk menggantikan instruktur berada di tengah lingkaran dan meneruskan permainan, meskinpun sekedar saja.
  3. Seri Game ini penting artinya selain guna membangun suasana juga untuk melatih kecepatan berfikir termasuk kemampuan merespon/ menanggapi sesuatu.           Apa Info Berikutnya ?