Selasa, 31 Desember 2013

Gerakan Bersih Sungai Pamotan


Apel Peserta GBSP
Gerakan Bersih Sungai Pamotan  boleh jadi adalah nama kamuflase kegiatan Bhakti Masyarakat Pamotan dalam bentuk kerja bakti sepanjang sungai di Pamotan. Kegiatan ini berhasil dan sukses terselenggara pada tanggal 22 desember  2013. Moment ini sendiri semula sempat menjadi polemic di masyarakat, terutama begitu diflour issue kegiatannnya di Media Sosial Facebook Reppala Pamotan, Grup Pamotan- Rembang, dan Blog muncul berbagai spekulasi berkait dengan issue politik. Maklum tahun ini terhitung tahun politik sehingga opini public selalalu mengkaitkan apa saja dengan persoalan politik.
Terlepas dari opini masyarakat Pamotan dengan issue Politik,
Gerakan Bersih Sungai Pamotan pure merupakan event untuk membangun kesadaran masyarakat di Pamotan khususnya dalam menyikapi gaya hidup bersih masyarakat pengguna sungai. Disadari atau tidak masih banyak orang yang mengakses kali Pamotan untuk kebutuhan hidup sehari-hari, mulai dari mandi, cuci bahkan buang air. Sementara kualitas air sungai berangsur angsur menurun seiring dengan lepasnya usaha pengendalian ekologi di sekitar Pamotan.
DAM Utara Sungai Pamotan

Orang Pamotan yang dahulu bisa menikmati indah dan asrinya pemandangan sungai Pamotan pada decade 80an, airnya masih bersih sehingga siapa saja bisa dengan suka cita mandi atau berendam berlama-lama. Secara pelan kualitas air sungai berubah begitu era pendangkalan sungai dimulai. Ujungnya sampai saat ini kualitas sungai Pamotan masuk dalam ambang perlu perhatian serius. Tumpukan sampah tidak hanya di bagian bahu sungai saja melainkan sudah menjadi lapisan dasar sungai. Pemandangan sampah sudah mendominasi seluruh view badan sungai, dari sampah plastic, perabot rumah tangga, dan berbagi kotoran lain yang makin memperburuk pemandangan 
Kompilasi Sampah Plastik

Proses produksi sampah sungai Pamotan yang sudah menahun itu tidak kunjung tertangani, maka melalui aksi yang diinisiasi Reppala dalam bentuk Gerakan Bersih Sungai Pamotan diharapkan sebagai langkah awal kepedulian terhadap lingkungan dan persoalan sampah Pamotan. Dengan didukung warga bantaran sungai , anggota TNI yang dikomando langsung DanRamil Pamotan, Kepala Desa lengkap dengan Perangkat desa Pamotan, Tokoh masyarakat Pamotan, dan kalangan kawula muda Pamotan sepakat berupaya membersihkan Pamotan dari sampah. Semangat ini  sesuai dengan harapan DanRamil Pamotan Kapten TNI Subagyo pada apel aksi Gerakan Bersih Sungai Pamotan (22/12/2013) di halaman Makoramil Pamotan.
Eka Sriwidodo , selaku Pimpro kegiatan yang pada awalnya pesimis dengan kegiatan ini, mengingat aksi bersih sampah terkesan kurang popular apalagi terdukung oleh masyarakat. Namun yang terjadi justru sebaliknya, animo masyarakat sangat kuat, terbukti dari banyaknya dukungan dalam bentuk bantuan dari berbagai donatur yang tidak mau disebutkan namanya, ditambah dari partisipasi warga yang secara sukarela membantu tenaga termasuk makan dan minum peserta aksi.
(Apa aksi berikutnya ? )