Minggu, 09 Maret 2014

Dokter Inspiratif 2014

dr. Lie A Darmawan Ph.D.SpB, SpBTKV

Menyimak tayangan “Kick Andy Heroes 2014”, 22 Pebruari 2014 di Metro TV  dan tayangan tapingnya 9 Maret 2014 pukul 14.00 sejenak pemirsa seantero Indonesia bakal terkesima mendengar penuturan dr. Lie A Darmawan Ph.D.SpB, SpBTKV,  seorang dokter yang dengan perjuangannya mendirikan doctorShare (Yayasan Dokter Peduli), sebuah yayasan
dipersiapkan sebagai wadah bagi dokter yang berhaluan sama untuk kegiatan kemanusiaan. Dokter ini, dr. Lie A Darmawan Ph.D.SpB, SpBTKVmungkin salah satu dari sekian dokter yang ada di Indonesia yang sedemikian mulianya mendedikasikan hidupnya untuk kegiatan kemanusiaan. Aktifitas sebelumnya, dr Lie, adalah  dokter bedah pada Rumah Sakit Husada  yang berada di Jl. Raya mangga Besar Jakarta Pusat. Popularitasnya sebetulnya sudah lama melambung khususnya bagi pasien yang pernah ditangani yang hampir tersebar di seluruh penjuru Indonesia.
Rumah Sakit Apung
Dokter yang berasal dari Padang ini begitu terkenal dengan doctorShare (Yayasan Dokter Peduli) sebuah yayasan yang selalu eksis pada kegiatan kemanusiaan seperti misalnya terlibat dalam pelayanan medis pasca erupsi  gunung Sinabung, pelayanan medis Banjir di Pademangan, pelayanan medis Banjir di Kapuk Muara, dan bantuan kesehatan pengungsi erupsi Gunung Kelud beberapa waktu yang lalu. Selain itu dokter yang dijuluki dokter gila ini lebih populer  sebagai dokter yang menggawangi Rumah Sakit Apung. Sebuah pelayanan kesehatan nirlaba yang dilakukan diatas kapal untuk jangkauan pelayanan seluruh wilayah di Indonesia. Yang paling unik dari pelayanan medis yang dilakukan doctorShare ini sama sekali tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Suatu langkah yang luar biasa, dimana dilematika  pelayanan dokter saat ini identik dengan biaya mahal. Konon diplesetkan bahwa, untuk menjadi sehat itu mahal, maka tidak berlaku lagi bagi dr. Lie dan kawan kawan yang terhimpun dalam Yayasan Dokter Peduli.
Praktek Bedah di RSA
Pasien yang sudah dilayani sudah sangat banyak dan hampir tersebar diberbagai pulau di Indonesia. Mereka yang menjadi pasiennya umumnya adalah anggota masyarakat yang berada di kepulauan terpencil yang jauh dari jangkauan pelayanan kesehatan oleh pemerintah dan  umumnya berasal dari keluarga tidak mampu. Sebuah alternative perjuangan untuk negeri ini dimana dibutuhkan figure –figure yang tanpa pamrih untuk mendarmabaktikan untuk bangsa ini. 
Dengan  kepeloporan dr. Lie A Darmawan Ph.D, Sp.B, Sp.BTKV dan kawan kawan ini semoga menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk berbuat lebih dan bisa memaknai hiduop ini sehingga bermanfaat bagi yang lain.

Apa info berikutnya ?