Kamis, 13 Maret 2014

Seri Game : Tepuk Tangan


Lingkaran Peserta Outbound
Game ini paling tepat disiapkan pada pertemuan awal kegiatan outbound. Game  ini penting artinya karena berfungsi sebagai pencairan suasana/ ice breaking sehingga begitu memulai materi outbound bisa berjalan lancar karena tiap peserta tidak merasa canggung dengan peserta yang lain.
Game ini sendiri cukup praktis dan sederhana, selain tidak membutuhkan peralatan yang kadang merepotkan, game ini hanya mengandalkan kepiawaian instruktur melakukan persuasive kepada peserta. Yang prinsip, game ini ideal ditempatkan di ruang terbuka yang diperkirakan cukup menampung seluruh peserta.
Cara permainan :
  1. Instruktur bisa memulai kegiatan dengan memerintahkan seluruh peserta untuk membuat lingkaran besar.
  2. Begitu lingkaran besar dari peserta terbentuk maka insgruktur bisa memperkenalkan diri termasuk tim kendali kegiatan. Selang beberapa saat instruktur bisa secara luwes mengajak peserta untuk bertepuk tangan sebagai awal kegiatan, sekaligus mengatakan bahwa tepuk tangan ini menunjukkan bahwa kita sedang membuktikan bahwa kita semua hari ini “ semangat “ mengikuti seluruh sessi kegiatan.
  3. Lakukan perintah untuk bertepuk tangan dengan cara bervariasi, misalnya bertepuk tangan dengan hitungan 2 kali, 3 kali, 10 kali dan sebagainya.
  4. Variasi tepuk tangan co ba ditawarkan peserta dengan variasi yang berbeda, tidak lagi menurut hitungan tepung tangan tapi dengan menggunakan symbol tertentu. Misalnya, apabila instruktur mengangkat tangan agak tinggi maka peserta bertepuk tangan sangat keras, apabila tangan instruktur diturunkan maka suara tepuk tangan peserta terdengar melemah. Dengan begitu posisi tangan instruktur berfungsi sebagai pengatur volume suara tepuk tangan peserta.
  5. Variasi tepuk tangan peserta juga bisa ditambahkan pilihan seperti penggunaan symbol binatang, semisal apabila instruktur mengucapkan “Sapi” maka peserta wajib mengiktui dengan bertepuk tangan keras sambil melompat, kalau pakai symbol “ Monyet”, amak peserta bertepuk tangan sambil berjongkok, dan sebagainya.
  6. Perintah dan variasi bertepuk tangan sesungguhnya sangat bebas, yang prinsip perintah instruktur harus disampaikan kepada peserta sehingga bisa dipahami.  
  7. Peserta outbound yang tidak sesuai perintah instruktur outbound, akan mendapat hukuman. Yang paling luwes, peserta disuruh ke tengah lingkaran dengan pilihan hukuman yang disepakati peserta.
Selamat mencoba.