Rabu, 05 Maret 2014

Seri Game : Warisan


Game ini lebih pas untuk sessi ice breaking (pencairan), terutama dimaksudkan agar setiap individu peserta suatu kegiatan indoor bisa makin focus dengan kegiatan dan hanya larut dengan kegiatan saja.  Permainan ini mengajak peserta berpura-pura membuat surat wasiat untuk berjaga-jaga jika meninggal selama acara berlangsung karena bosan.


Tujuan
Membangun suasana gembira, lucu, penuh tawa, dan menumbuhkan semangat baru bagi para peserta sebelum masuk sessi kegiatan yang lain.

Materi
1.       Hertas HVS
2.       Spidol/ ballpoint

Durasi                   : 15 menit
Peserta                : perorangan
Prosedur
1.       Atur tempat duduk peserta sehingga berbentuk lingkaran.
2.       Bagikan selembar kertas
3.       Perintahkan kepada seluruh peserta untuk melipat kertas masing masing menjadi 5 lipatan
a.       Lipatan pertama menuliskan nama peserta dengan jelas
b.      Setelah itu berikan lipatan kertas tersebut pada peserta yang ada di sebelah kirinya
c.     Selanjutnya perintahkan pada semua peserta untuk membuka lipatan kertas. Pada bagian yang kosong peserta untuk menuliskan nama benda yang akan diwariskan jika meninggal (nama benda yang akan diwariskan dibatasi pada benda yang  dibawa pada acara tersebut)
d.    Setelah itu perintahkan untuk melipat kemudian memberikan lipatan kertas pada peserta selanjutnya.
e.   Pada lipatan ketiga, setiap peserta menuliskan nama orang yang ada disebelah kirinya kemudian dilipat dan serahkan pada orang yang ada di sebelah kiri
f.     Pada lipatan 4 setiap orang menuliskan alasan memberikan warisan kemudian dilipat dan serahkan pada peserta yang ada di sebelah kirinya lagi
g.     Pada lipatan terakhir mereka harus menuliskan syarat yang dipenuhi si penerima .
4.       Kumpulkan semua kertas lalu bacakan setiap “surat warisan”

Cara  membacanya sebagai berikut :

YANG BERTANDA TANGAN DI BAWAH INI SAYA................ (LIPATAN 1) JIKA MATI KARENA BOSAN DALAM ACARA INI MEWARISKAN .............................( LIPATAN 2) KEPADA ......................( LIPATAN 3) AGAR ........................(LIPATAN 4) ASALKAN IA MEMENUHI SYARAT YAITU .................( LIPATAN 5)