Kamis, 12 Agustus 2010

Seri Game : Pesawat Terbang

Siapkan tiga lembar kardus yang masing –masing ukuranya bervariasi, mulai kecil(30X30 cm), Agak besar (50x50 cm) dan besar (80X80 cm).

Perintahkan kelompok yang terdiri 4 anggota untuk mendengarkan instruksi fasilitator.
Aturan main “Pesawat Terbang” sebagai berikut.

1. Jelaskan bahwa 3 lembar kardus yang sudah disiapkan itu merupakan alat bantu game ini.Masing-masing memiliki point yang berbeda-beda, dengan perbandingan 150 :100:50.
2. Semua anggota kelompok harus bisa masuk pada lembar kardus. Aturannya bahwa kardus berfungsi sebagai tumpuan kaki seluruh anggota kelompok. Kardus sekaligus sebagai batas permainan sehingga seluruh anggota kelompok berada diatasnya, tidak boleh menyentuh tanah.

3. Dengan aturan main ini berarti anggota kelompok harus saling “gendong” sehingga seluruh anggota bertumpu hanya pada satu lembar kardus saja.
4. Perintahkan kelompok untuk memilih lembar kardus yang sudah disiapkan. Ingat tiap lembar kardus memiliki konsekuensi berbeda berdasarkan point.
5. Ingatkan bahwa kelompok dianggap berhasil apabila mampu bertahan dengan formasi gendongan paling sedikit 10 detik, apabila gagal maka kelompok tidak berhak mendapatkan point./86011