Kamis, 12 Agustus 2010

Seri Game : Peribahasa (Pencairan)

Peribahasa adalah pernyataan2 untuk menekankan sebuah maksud. Anda dapat menggunakan peribahasa untuk memulai diskusi . Anda juga dapat menggunakannya agar kegiatan anda lebih bersifat menghibur dan untuk membantu orang lain mengingat suatu pesan yang penting.
Ucapkan sebuah peribahasa kepada kelompok dan mintalah mereka memikirkan artinya . Berikan kesempatan kepada setiap orang untuk mengatakan apa yang mereka pikirkan mengenai artinya . Pada prinsipnya tidak ada jawaban salah. Tujuan dari game ini adalah untuk membantu peserta merasa nyaman untuk mengatakan pemikiran mereka.
Mintalah seorang sukarelawan untuk mengatakan sebuah peribahasa yang diketahui. Relawan ini akan memimpin diskusi kelompok mengenai artinya . Berikan kesempatan kepada beberapa anggota untuk melakukan hal ini secara bergantian.
Variasi : mintalah kelompok untuk mengatakan sebuah peribahasa yang mereka yakini dapat menggambarkan dari kegiatan kelompok. Mintalah kelompok untuk melakukan permainan peran dengan menggunakan peribahasa./86001