Jumat, 29 Mei 2015

Bilingual English Class dengan Outbound

Untuk kali kedua Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sale meneruskan kerja samanya dengan Reppala, sebelumnya kerja sama sudah dilakukan pada tahun sebelumnya di tahun 2014 dalam bentuk pembinaan mental bagi Gugus depan Penggalangnya.  Pada 20 -21 Mei 2015 lalu, setting kerjasama
kegiatannya tidak lagi diperuntukkan bagi Gugus Depan pramuka melainkan untuk kelompok kegiatan Bilingual English Class, sebuah program pendidikan khusus bagi siswa yang dikonsentrasikan pada penguasaan bahasa asing khususnya bahasa inggris untuk siswa siswi MTsN Sale.
Pada program khusus ini ada sebanyak 56 siswa siswi dengan komposisi 20 putra dan 36 putri,  mereka selama beberapa waktu mengikuti proses pembelajaran di kelas secara intens berkait penguasaan ketrampilan bahasa Inggris. Selama proses pembelajaran itu mereka perlu penyegaran sehingga materi yang benar benar dikuasai bisa secara permanen terekam pada masing masing siswa. Pilihan kegiatan penyegaran untuk siswa MTsN Sale ini adalah kegiatan outdoor yang diharapkan memberikan suasana berbeda, demikian penjelasan Abdul Aziz , guru MTsN Sale selaku kendali program Bilingual English Class. 
Abdul Mufid selaku pimpro kegiatan dari Reppala dalam kegiatan itu menjelaskan bahwa event model outdoor semacam ini sudah cukup familiar untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Untuk itu setting kegiatan sengaja disiapkan dengan target output, peserta outbound bisa melalui berbagai tahapan, mulai dari pencairan, kerja sama secara kelompok, dan penguatan kepercayaan diri. 
Selama dua hari, mulai rabu malam (20/5) peserta mulai dikenalkan dengan ice breaking dan beberapa Ground Game. Selebihnya peserta ditawari Night Tour sebagai bentuk dari kegiatan Jurit Malam yang selama ini populer di kalangan pramuka. Kesesokan harinya kamis (21/5) waktu dihabiskan dengan game penugasan dalam kelompok dengan ditandai beberapa ground Game. Bonus untuk seluruh peserta didiberikan kebebasan untuk bermain Flying Fox sampai dengan kegiatan outdoor ini berakhir.

Tidak ada komentar: