Kamis, 12 Agustus 2010

Seri Game : Kereta Goyang

Siapkan tempat yang cukup lapang, berikan haral rintang bisa dengan kursi atau apapun yang berfungsi sebagai palang zik zak kereta yang akan lewat.
Perintahkan kelompok untuk diskusi dan menunjuk seorang ketua kelompok yang bertindak sebagai masinis. Peserta yang lain menjadi gerbong kereta.
Bila semua peserta sudah siap maka berikan kain hitam untuk penutup mata bagi peserta yang bertindak sebagai gerbong kereta. Satu per satu peserta ditutup matanya dengan kain hitam yang telah disiapkan.
Perintahkan masinis/ ketua untuk menyusun gerbong kereta sehingga menjadi kereta api yang urut tanpa putus. ( mainan seledur ). 
Perintahkan masinis untuk menggerakkan kereta api itu melewati palang zik zak yang sudah ada. Dengan catatan masinis tidak menjadi satu dengan dengan kereta. Masinis berada di luar rel zik zak. Masinis cukup memberi komando kepada rentengan gerbong sehingga tidak menabrak/ atau bersinggungan dengan palang zik zak.

Hikmah permainan ini antara lain :
Ketua yang disimbolkan masinis mestinya selalu berada dalam rombongan kereta bukannya diluar kereta dengan hanya memberi komando atau perintah saja. Karena masinis tetap saja sebagai bagian dari kereta sebagaimana ketua bagian dari suatu kelompok / unit organisasi.
Anggota atau yang disimbolkan dengan gerbong dengan mata tertutup kain hitam hanya sebuah ungkapan bahwa anggota suatu organisasi semestinya tidak buta sama sekali tentang visi/ misi/ tujuan organisasi. Kemana ketua akan membawa tinggal nurut saja.
Idealnya dalam suatu organisasi harus ada keterbukaan antara pimpinan dan bawahan atau antara ketua dengan anggotanya sehingga jalannya roda organisasi berjalan semestinya. Dalam permainan digambarkan kereta bisa jalan lancar tidak menabrak palang zik zak. /86011