Kamis, 12 Agustus 2010

Seri Game : Cermin Diri

Pertama sekali bagikan kertas kepada semua peserta pelatihan.

Kepada mereka perintahkan untuk menuliskan nama mereka masing masing pada sudut kiri atas kertas.
Perintah seterusnya adalah menuliskan Kelebihan masing masing peserta pada kertas tersebut dengan memberi nomor romawi I. Banyak sedikitnya kelebihan yang ingin ditulis peserta tidak dibatasi. Waktu yang diseiakan untuk menuliskan ini cukup dengan 10 menit tanpa menyontek / tidak boleh gaduh/ tidak boleh saling berbicara satu sama lain.

Begitu perintah menuliskan kelebihan masing-masing peserta selesai maka diperintahkan untuk menuliskan Kekurangan peserta masing-masing Banyak sedikitnya kekurangan yang ingin ditulis peserta tidak dibatasi. Waktu yang diseiakan untuk menuliskan ini cukup dengan 10 menit tanpa menyontek / tidak boleh gaduh/ tidak boleh saling berbicara satu sama lain.
Bila sudah selesai kertas ditarik dan dikumpulkan fasilitastor/ pelatih.
Secara acak pelatih membacakan tulisan pada kertas kerja tersebut tanpa menyebut nama penulisnya demi menjaga privacy peserta.
Komentari setiap pernyataan dalam tulisan tersebut secara positif mengingat dalam sisi bawah sadar peserta sesungguhnya menyadari bawah mereka ssudah cukup jujur mengungkapkan isi hati masing-masing. Dengan cara ini maka peserta sudah masuk pada tahap mau menerima informasi yang datang kepada mereka./ 86001