Selasa, 28 Januari 2014

Surat Terbuka dari Wirendro Sumargo (Juru Kampanye Hutan Greenpeace )

Bagaimana kabarmu? Semoga hujan yang akhir-akhir ini tengah mengguyur Nusantara dan Ibu Kota tidak menghambat aktifitas kamu. Sedih rasanya melihat dampak dan bahaya yang dibawa banjir yang saat ini melanda banyak tempat. Terlepas dari apapun penyebab bencana banjir, kita harus mulai melakukan sesuatu!
Kamu pasti tahu bahwa hutan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekologi, termasuk mencegah terjadinya
banjir. Lebih dari itu kerusakan hutan akan menyebabkan terjadinya pemanasan global yang kemudian diikuti perubahan iklim. Hutan yang ditebang dan dibakar akan melepaskan karbondioksida ke atmosfir, dan wilayah hutan yang berfungsi untuk menyerap karbondioksida akan semakin berkurang. Jika kita terus menghancurkan hutan, maka kita akan kalah dalam memerangi perubahan iklim.
Tapi, selalu ada harapan dan solusi!
Ketika kita mulai mengambil sikap bertanggung jawab menjaga lingkungan, kita juga nanti yang akan menuai manfaatnya. Seperti yang telah dilakukan oleh masyarakat Desa Dosan yang membuktikan dapat mengelola kelapa sawit dengan dampak yang sangat minim terhadap hutan dan lingkungan. Banyak sekali yang dapat kita pelajari dari apa yang dilakukan oleh masyarakat Dosan ini dalam menghasilkan kelapa sawit yang tertanggung-jawab secara sosial dan lingkungan, sambil dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.Klik di sini untuk melihat lebih dekat apa yang dilakukan oleh warga Desa Dosan.
Salam hutan lestari,