Rabu, 11 Juni 2014

Selo Kencono, Alternatif Tujuan Wisata


Bumi Perkemahan Selo Kencono  dahulu adalah nama yang diberikan untuk sebuah kawasan di sekitar dukuh Glanggang Desa Pamotan Kab. Rembang. Kawasan  ini dahulu sangat populer khususnya kalangan pramuka , karena sering digunakan sebagai arena perkemahan  pramuka. Itu kisah pendek selo Kencono sekitar tahun 80an lalu sebagai pusat kegiatan Gerakan Pramuka dari sekedar kegiatan Persami sampai dengan Jambore.
Popularitas kawasan ini bisa jadi karena hamparan lahan terbuka yang berisi padang rumput yang naik turun menawarkan view yang luar biasa cantiknya . Posisinya yang berada  jauh dari pemukiman penduduk menjadikan kawasan ini  sangat steril dari aktifitas masyarakat. Pada bagian bawah kawasan Selo Kencono pada bagian sisi timur persis dibawahnya mengalir sungai yang bermata air tidak jauh dari kawasan Selo Kencono juga cukup memikat menjadikan alasan dan terpilih sebagai Bumi Perkemahan untuk Gerakan Pramuka terlebih untuk Kwartir Ranting Pamotan dan Kwartir Cabang Rembang
Sampai dengan saat ini Selo Kencono tidak lagi berfungsi sebagai Bumi perkemahan, namun begitu panoramanya tetap menarik. Ditambah lagi sampai saat ini jenis vegetasi yang berada sepanjang sungai ditandai oleh pohon Jati yang sudah berumur sehingga menjadi kawasan Selo Kencono berasa berada di hutan saja. Bagian yang menarik sepanjang sungai Glanggang itu masih tetap indah dengan beberapa bagian sisi sungai ada ceruk gua kapur yang justru menambah pesona  tersendiri. Air yang mengalir dari hulu sungai sangat bersih karena belum tercemar aktifitas penduduk sehingga bisa dipastikan masih bersih jauh dari pencemaran bahan kimia (detergent) dan sejenisnya.
Kawasan ini sekalipun sudah tidak lagi berfungsi sebagai Bumi Perkemahan tetap saja menarik sebagai wahana wisata alam untuk perorangan, kelompok maupun rombongan keluarga. Akses menuju kawasan ini sangat mudah , karena posisinya termasuk berada di Pamotan pinggiran bagian selatan. Bagi yang berada di luar Pamotan- Rembang, terutama yang berada di Lasem bisa akses langsung ke Pamotan (ke arah selatan), begitu masuk gerbang Pamotan mengikuti jalur Lasem – Bojonegoro sampai dengan pertigaan Kantor Pegadaian  Pamotan, memilih arah ke kiri atau sisi selatan. Ikuti jalan desa yang menghubungkan Pamotan – Gambiran,  dari pertigaan ini sekitar 400 meter ada pertigaan kecil yang berada di kawasan hutan Jati milik penduduk. Dari sini tinggal menyelesaikan perjalanan berbatu yang sudah tersusun sekitar 100 meter sudah masuk kawasan Selo Kencono Pamotan. 

Apa info berikutnya ? 

Tidak ada komentar: